Senin, 20 April 2015

Reload this Page Benarkah Ada Makam Syech Siti Jenar di Tuban ?

Ada banyak makam kuno di daerah Semanding - Tuban, Jawa Timur. Tetapi untuk makam yang satu ini menurut saya cukup menarik dan mengundang banyak tanda tanya karena konon merupakan makam Syech Siti Jenar, penyebar agama Islam di Pulau Jawa pada masa lampau.

Sosok Syech Siti Jenar sendiri konon dihukum pancung oleh Wali Songo karena ajarannya yang konon juga dianggap menyimpang dari ajaran agama Islam yang sebenarnya.


Makam itu berada di Dusun Atas Angin , Desa Gedongombo yang berjarak sekitar 3 km arah selatan dari kota Tuban. Di sekitarnya terdapat makam-makam warga setempat.Karena makam itu sudah dipugar dan dibangun total, nyaris bangunan yang ada di sana adalah bangunan baru.Tak ada jejak bangunan lama dan artefak kuno apapun di sana. Makamnya sendiri sudah dikeramik.

Entah apa yang menjadi dasar makam itu diyakini sebagai makam Syech Siti Jenar. Mengingat sosoknya yang merupakan ulama besar pada masa lampau. Apalagi di beberapa daerah lainnya juga ada makam-makam kuno yang diyakini merupakan makam Syech Siti Jenar.

Andai tak ada tulisan bahwa itu makam itu adalah makam Syech Siti Jenar, mungkin orang-orang akan menganggapnya sebagai bangunan makam yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar